Berikut ini saya berikan tips buat isi di Pom Bensin
yang bagus:
1. LEBIH BAIK ISI DI POM BENSIN PERTAMINA KODE 31 atau
(Angka Kedua 1)
Tiap pom bensin memiliki kode depan masing-masing..dimana anda bisa mengetahuinya ?
Berikut ini saya berikan tips buat isi di Pom Bensin
yang bagus:
Pernah memperhatikan plang nama besar saat menuju ke
SPBU? Di wilayah Jakarta dan sekitarnya tertera huruf 31.XXXXX atau 34.XXXXX.
itu bukan kode buntut. Huruf awal pertama menandakan kode wilayah . Sedang
angka kedua mengandung arti kepemilikan.
Kepala 3 berarti SPBU berdomisili di Jakarta Jawa Barat,
Banten dan sekitarnya. Kalo kepala 5 kayaknya Surabaya.
Digit kedua, jika angka 1 berarti kepemilikan Pertamina
sendiri. Sedangkan angka 4 berarti kepemilikan swasta atau dealer..jadi yang
penting angka keduanya 1 gak masalah berapapun angka pertamanya karena itu kode
wilayah .
Karena, sebenarnya ada tiga kategori SPBU. Pertama COCO
alias corporate owner corporate operate, CODO yakni corporate owner dealer
operate. Terakhir DODO, dealer owner dealer operate. Ini berdasar pada situs
spbu.pertamina.com
Karena dikendalikan oleh pertamina, maka kualitas SPBU
model COCO dan CODO diyakini lebih baik dibanding DODO. Tanpa bermaksud
menyamaratakan, di sisi bisnis bisa dimengerti, karena ingin cepat balik modal,
pengusaha jadi berlaku curang. kalo saya sih nyaranin ngisi bensin sebaiknya di
SPBU yang milik Pertamina (angka keduanya 1) karena quality control-nya cukup bagus..
saya denger2 juga dari supir taksi dan orang2 yang telah
pengalaman ngecek pas ngisi bensin katanya yang kode 31 (Angka Kedua
1)takarannya sesuai sedangkan yang 34 agak berbeda meskipun punya tanda
"PASTI PAS".
Menurut banyak orang juga kode pertamina 31 (Angka Kedua
1)ternyata paling baik(kualitas bensin) dibanding denanda yang kode 34.
cara buktiinya:
coba bagi anda yang menggunakan mobil/ motor matic,
pastinya akan terasa tarikan mobilnya .jika mengisi bensin di pertamina dengan
tanda kode 31 (Angka Kedua 1)akan terasa tarikan mobilnya lebih kencang dan
tidak terlalu kotor dibanding dengan tanda pom dengan tanda kode lainnya
Coba anda bandingkan jumlah mobil/ motor yang ngisi
bensin di pom bensin tersebut,,,di pom bensin kode 31(Angka Kedua 1) pasti
sangat ramai sedangkan yang kode 34 agak cenderung sepi..ini udah saya buktikan
sendiri.
Coba anda ngisi 1 Liter bensin di Pom bensin 31 (Angka
Kedua 1)dan pom bensin 34..bandingkan aja dari sisi kualitas (mesin lebih enak)
maupun kuantitasnya (yang mana yang lebih cepat habis)..
coba anda tanya sama supir angkot atau supir taksi
dimana pom bensin yang bagus, pasti sebagian besar mereka jawab di pom bensin
31 (Angka Kedua 1)karena mereka juga banyak ngisi di pom bensin 31
Kalo gak percaya bisa dibuktikan sendiri anda...tapi gak
semua 34 juga yang kaya begitu
2. TIAP ISI BENSIN MINTA KEPADA PETUGASNYA TUAS HANDLE
SELANG JANGAN DITEKAN TAPI DILEPAS AJA WAKTU DITARUH DI TANGKI KITA
Pernah gak anda sewaktu ngisi bensin, tuasa handle
ditekan2 begitu sama petugasnya? pasti pernah lah nemuinnya...kenapa begitu?
karena banyak oknum yang nakal denanda cara memainkan takaran bensin dengan
tanda cara seperti itu sehingga jumlah bensin yang kita isi lebih sedikit dari
apa yang seharusnya..
Pengalaman saya ngisi di pom bensin kode 31 (Angka Kedua
1), petugas gak pernah menekan-nekan tuas handle selang sewaktu mengisi
sedangkan di kode 34 liat aja deh...kalo anda sewaktu ngisi bensin digituin,
petugasnya ditegur aja..
3.ISILAH BENSIN WAKTU HARI MASIH PAGI KETIKA TEMPERATUR
TANAH MASIH DINGIN
Ingat bahwa semua SPBU mempunyai tanki penyimpanan di
bawah tanah.Semakin dingin tanahnya maka semakin padat/kental bahan bakarnya.
Jika temperatur mulai panas/hangat, maka bahan bakarnya akan mengembang.
Jadi jika membeli bahan bakar pada siang hari atau
petang hari..sebenarnya bahan bakar yang diisikan ke dalam tanki kendaraan anda
jelas lebih sedikit dibanding jumlah liter yang anda beli.Dalam bisnis
perminyakan, gravity yang spesifik dan temperatur bensin, diesel dan bahan
bakar pesawat jet, ethanol dan produk minyak lainnya punya peranan penting.
Kenaikan 1 derajat merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam business ini.
Tetapi SPBU tidak memberikan anda rugi/kompensasi karena temperatur
4.ISI BENSIN SAAT TANKI KENDARAAN ANDA MASIH SETENGAH
PENUH.
Alasannya adalah semakin banyak bahan bakar yang ada di
tanki kendaraan, maka semakin sedikit udara yang ada di bagian tanki yang
kosong. Bensin menguap lebih cepat dari pada yang bisa kita bayangkan. Dalam
bisnis perminyakan biasanya tanki penyimpanan bensin mempunyai apa yang kita
sebut atap yang mengapung (floating roof) yang berfungsi sebagai clearance zero
antara bensin dan atmosfer sehingga penguapannya bisa dikurangi.,tetapi hal itu
tidak terdapat di SPBU.
5.JANGAN ISI BENSIN JIKA ADA TRUK BAHAN BAKAR SEDANG
MENGISI TANKI PENYIMPANAN
Hampir pasti bensin/solar akan teraduk saat bahan bakar
dipompakan dari truck ke tanki penyimpanan SPBU, dan kemungkinannya akan ada
kotoran di dasar tanki penyimpanan yang teraduk naik dan terikut masuk ke tanki
kendaraan anda.
sumber :
By Kang Arief / blognyamitra . wordpress . com
fb: khusus muslimah dan fb: shandy dimas
No comments:
Post a Comment