Mengatasi HP yang Terendam Air

Disadari atau tidak, komunikasi lewat HP bagi kebanyakan orang sudah menjadi kebutuhan  primer, selain makan enak, baju bagus dan kasur empuk. Mungkin diantara Anda pernah mengalami peristiwa seperti judul di atas.Panik ? Pasti. Tahulah, gimana hati orang kalau HP kesayangan, tengah berenang di air dengan sukses karena berbagai sebab. Ada yang kecemplung, ada yang ikut nyebur, ada yang lupa juga keluarin dari kantong celana yang sedang dicuci. 
Mengutip dari tips yang diberikan Titi - sahabat kompasiana - mudah-mudahan bisa mengurangi kepanikan Anda jika HP terendam air. Berikut langkah-langkah mengatasinya :
  1. Segera lepas battery-nya dan dijemur sekitar 30 menit dan di bolak-balik hingga airnya menguap, walau pada layar display masih terlihat berembun.
  2. Setelah kering HP bagian belakang tempat battery-nya disemprot dengan contact cleaner ke semua bagian belakang HP yang telah dilepas battery-nya itu dan battery-nya disemprot saja bagian kutup + dan - nya saja agar mencegah karat.
  3. Lalu keringkan dengan kertas tissue hingga minyak semprotan contact cleaner terserap secara baik.
  4. Lalu ambil kantong kresek isi dengan beras hingga setengahnya dan letakkan HP dan Battery diatas beras dan timbun lagi dengan beras hingga HP dan Battery benar-benar terbenam, lalu kedua pagangan kantong kresek diikat satu sama lain, lalu tempatkan di atas meja kayu hingga minimal 1 minggu sampai 10 hari jangan pernah dibuka. 
  5. Mengapa pakai beras?, penjelasannya simple, karena beras bersifat lembab dan menarik air karena sifat kelembabannya itu, sehingga air yang ada didalam ruang mesin HP akan diserap secara sempurna.

Baca artikel terkait lainnya....



No comments:

Pesan Anda