Baldwin Street, Jalan Tercuram di Dunia

funsterz.com
Di sebuah kota Dunedin, sebelah selatan Selandia Baru ada sebuah fenomena unik. Di sana terdapat sebuah jalan yang memiliki kemiringan 38 derajat! Nama jalan ini adalah Baldwin Street. Baldwin Street adalah jalan paling curam di dunia. Jalan ini terbentang sepanjang 350 meter.

funsterz.com
funsterz.com
Gambar di atas menunjukkan bahwa Baldwin Street diberi penghargaan oleh Guiness Book of Records sebagai jalan tercuram di dunia.
funsterz.com
Proyek jalan ini sebenarnya dipimpin oleh Charles Kettle. Namun Charles tidak mengetahui sebelumnya jika ternyata struktur tanah di area tersebut tidak memungkinkan untuk dibuat sebuah jalan. Sehingga ketika proyek tengah berjalan, para pekerja menemui jalan buntu. Akhirnya proyek pembuatan jalan ini tidak dapat dialasi oleh aspal. Tapi harus dengan beton!
funsterz.com
funsterz.com
funsterz.com
Semenjak tahun 1988, ada sebuah perlombaan tahunan yang masih berlangsung hingga kini. Nama perlombaan tersebut adalah “Baldwin Street Gutbuster”. Dalam perlombaan ini, para kontestan harus berlari dari bawah hingga ke puncak, lalu sebaliknya dari puncak turun ke bawah. Mereka harus berlari secepat mungkin agar menjadi pemenang. Perlombaan ini diadakan setiap tahun pada musim panas, biasanya pada bulan Febuari. Para peserta perlomban ini dapat mencapai hingga ratusan orang. Bahkan perlombaan ini terbagi atas kontestan anak – anak dan dewasa yang diadakan secara terpisah.
funsterz.com
funsterz.com
funsterz.com
funsterz.com
funsterz.com
Sejak tahun 2002, sebuah acara yang disebut dengan “Cadburry Jaffa Race” mulai rutin dilaksanakan. Acara Jaffa Race ini merupakan bagian dari festival tahunan yang memang rutin dilakukan di kota Dunedin, yaitu “Karnival Coklat Cadburry Denudin ” atau “Dunedin Cadburry Chocolate Carnival”.
Acara carnival ini merupakan salah satu program amal yang diadakan setiap bulan Juli. Dimana sebanyak ribuan Jaffa (merek sebuah permen Cadburry) meluncur di jalanan Baldwin ini. Jumlah Jaffa yang meluncur dapat mencapai hingga 30.000 bola – bola permen. Di setiap permen bola Jaffa ini, ditempelkan sebuah kertas yang sudah diberi nomor. Dan setiap nomor memiliki sponsor nya masing – masing. Ketika bola – bola permen Jaffa ini diluncurkan dari atas ke bawah, 5 nomor bola pertama yang mencapai garis akhir akan menjadi pemenangnya. Dan sponsor dari 5 bola tersebut akan mendapat hadiah berupa uang. Namun uang tersebut akan diamalkan. Garis akhir nya berupa sebuah wadah spesial. Dan 5 bola pertama yang berhasil masuk ke dalam wadah spesial ini lah yang dinilai sebagai pemenang. Permen – permen bola Jaffa ini hanya membutuhkan waktu sekitar 15 – 20 detik untuk meluncur dari atas hingga ke bawah. Festival Jaffa ini mengikuti konsep tradisi yang sudah ada sejak tahun 1998. Saat itu, sebanyak 2000 bola tennis diluncurkan dari atas hingga ke bawah.(funsterz/rei)
funsterz.com

funsterz.com

Baca artikel terkait lainnya....



No comments:

Pesan Anda